Logo Bloomberg Technoz

Alfamart: Beras Ritel Masih Langka, Stok Bulog Baru Datang Minggu

Dovana Hasiana
17 February 2024 13:20

Ilustrasi Gerai Alfamart (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Gerai Alfamart (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Alfamart, raksasa ritel modern segmen kelontong atau minimarket di Indonesia, mengonfirmasi hingga akhir pekan ini pasokan stok beras premium ke gerai-gerainya masih mengalami gangguan.

General Manager Corporate Communication PT Sumber Alfarian Trijaya Tbk (AMRT) Rani Wijaya mengatakan kondisi gangguan pasok di gerai-gerai Alfamart tersebut terjadi beriringan dengan tipisnya suplai beras di gudang pemasok.

“Stok beras premium lokal kemasan 5 kg di toko-toko Alfamart tidak bisa memenuhi permintaan. [Kondisi ini] berbanding lurus dengan stok beras di gudang yang menipis karena suplai beras dari produsen yang juga berkurang,” ungkapnya kepada Bloomberg Technoz, Sabtu (17/2/2024).

Namun, di tengah stok yang masih terbatas tersebut, Rani mengatakan Alfamart mengusahakan agar pasokan beras eksisting bisa terdistribusi merata ke tiap gerainya, meski belum bisa mengejar jumlah permintaan konsumen secara optimal.

Penjualan beras di supermarket. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)


Untuk itu, perseroan pun terpaksa melakukan pembatasan pembelian kepada para konsumennya agar distribusi beras dari ritel modern kepada masyarakat bisa lebih merata.