Logo Bloomberg Technoz

Total Korban Jiwa Kebakaran Depo Pertamina Plumpang 23 Orang

Ezra Sihite
15 March 2023 00:23

Pemadam memadamkan api yang membakar rumah warga di Plumpang, Jakarta, Jumat (3/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pemadam memadamkan api yang membakar rumah warga di Plumpang, Jakarta, Jumat (3/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Terminal bahan bakar minyak (TBBM) Pertamina Plumpang yang meledak dan terbakar menyebabkan banyak korban jiwa dan korban luka-luka. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan data pembaharuan jumlah korban meninggal dunia.

"Untuk data yang meninggal ada 23 orang kita berduka dengan ini. Ada yang dirawat di RS namun tak tertolong," kata Nicke saat rapat dengan Komisi VI DPR pada Selasa petang (14/3/2023).

Selain itu kata dia hingga saat ini masih ada 23 orang yang dirawat di rumah sakit. Sementara ada 25 orang yang sudah kembali dari perawatan namun untuk pemulihan masih terpantau Pertamina termasuk dalam hal pembiayaan pengobatan lanjutan.

Nicke Widyawati di DPR (YouTube TV Parlemen)

Sementara untuk posko-posko yang didirikan Pertamina pascakebakaran yakni ada di 4 titik saat ini sudah kosong. Posko terbesar sebelumnya adalah posko Rosela yang sempat dikunjungi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pada saat masa krisis ada sekitar 800 orang di sana. Posko-posko lainnya kata dia juga sudah ditinggalkan pengungsi.

"Di Posko PMI ini saat yang tertinggi ada 226 orang namun sekarang pun sudah kosong demikian juga posko yang di Lurah Tugu Selatan maupun Lurah Rawa Badak Selatan," kata dia.