Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sidak ke PIBC, Janjikan 1—2 Minggu Harga Beras Turun

Dovana Hasiana
15 February 2024 15:37

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) untuk memantau stok beras, Kamis (15/2/2024)./YouTube Setpres
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) untuk memantau stok beras, Kamis (15/2/2024)./YouTube Setpres

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) hari ini, di tengah santernya isu kenaikan harga serta gangguan pasok beras ke gerai-gerai ritel modern.

Jokowi mengatakan, berdasarkan pantauannya, stok beras di pasar barometer tersebut melimpah. Dalam kunjungannya dia didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama Perum Bulog (Persero) Bayu Krisnamurthi.

“[Saya] datang di Pasar Induk Beras Cipinang untuk memastikan bahwa stok di sini ada, karena dari sinilah [beras] didistribusikan ke ritel, ke supermarket, ke daerah. Sehingga saya ingin pastikan beras yang ada di sini ada, tersedia, jumlahnya cukup, dan saya lihat melimpah,” ujarnya di sela kunjungan tersebut, Kamis (15/2/2024).

Suasana di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur, Senin(12/2/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Jokowi menjelaskan akar masalah kenaikan harga beras belakangan ini adalah karena hasil panen yang belum banyak masuk atau terdistribusikan ke pasar. Dia juga menyebut terdapat gangguan distribusi beras di Grobogan dan Demak akibat banjir, tetapi sudah diatasi melalui pengiriman dari Bulog.

“Ya ini negara ini besar dan berpulau-pulau, kita harus tahu itu. Kalau distribusi kadang terhambat, itu harus diselesaikan, tetapi itu kan tidak semuanya,” ujar Jokowi.