Logo Bloomberg Technoz

Jika Terpilih, Trump Rombak NATO & Percepat Perdamaian di Ukraina

News
15 February 2024 10:20

Infografis Donald Trump. (Sumber: Bloomberg Technoz)
Infografis Donald Trump. (Sumber: Bloomberg Technoz)

Jennifer Jacobs dan Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk mengurangi komitmennya terhadap beberapa anggota NATO dan mendorong Ukraina untuk merundingkan akhir perang dengan Rusia jika ia kembali berkuasa tahun depan, menurut orang-orang yang mengetahui hal tersebut.

Di antara kemungkinan langkah di masa jabatan kedua, sekutu Trump telah membahas aliansi NATO dua tingkat, di mana Pasal 5--yang mengharuskan pertahanan bersama dari setiap anggota yang diserang--hanya akan berlaku untuk negara-negara yang mencapai target belanja pertahanan, menurut orang-orang, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. Mereka memperingatkan bahwa tidak ada keputusan kebijakan yang telah diselesaikan. Pihak lain menganjurkan tarif baru untuk negara-negara yang lamban.

Para penasihat Trump juga telah mendiskusikan untuk mengajak Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk duduk bersama di meja perundingan di awal masa jabatan kedua, menurut orang-orang tersebut.

Inisiatif ini, jika dilaksanakan, akan membalikkan kebijakan AS selama beberapa dekade, memecah aliansi pertahanan yang telah membentuk keamanan Eropa sejak Perang Dingin dan membuat sekutu-sekutu di Asia khawatir akan komitmen Washington untuk melawan China.