Logo Bloomberg Technoz

12 Isu Krusial yang akan Ditindaklanjuti DPR Masa Sidang Ini

Sultan Ibnu Affan
14 March 2023 12:26

Kondisi rumah warga yang terbakar akibat kebakaran di depo Pertamina Plumpang, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Kondisi rumah warga yang terbakar akibat kebakaran di depo Pertamina Plumpang, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menetapkan 12 isu krusial yang akan menjadi perhatian utama pada masa persidangan IV tahun sidang 2022-2023. Hal ini disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR ke-18 yang menjadi pembuka masa persidangan yang akan berlangsung 14 Maret hingga 13 April 2023 mendatang.

"Ini akan menjadi perhatian dan pengawasan alat kelengkapan dewan," kata Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus saat membuka Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Selasa (14/3/2023)

Dia memaparkan beberapa isu krusial yang akan menjadi fokus perhatian anggota dewan antara lain pertama, kejadian luar biasa (KLB) keracunan makanan di beberapa daerah. Kedua, sejumlah kasus perundungan terhadap anak, ketiga, finalisasi penataan tenaga kerja honorer dan sistem keamanan pangan yang tak terpadu.

Keempat, isu kenaikan harga sejumlah komoditi jelang masa Ramadan dan Idul Fitri 1444 H kemudian kelima. kenaikan harga BBM non subsidi di beberapa wilayah. Keenam, percepatan perizinan melalui digitalisasi. Ketujuh, pembiayaan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Kedelapan, peristiwa kebakaran Depo Pertamina di Plumpang. Kesembilan, putusan penundaan pemilu di PN Jakarta Pusat. Kesepuluh, kekayaan janggal sejumlah pejabat serta pegawai Kementerian Keuangan.

Suasana pembukaan masa sidang ke-IV DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023)