Logo Bloomberg Technoz

Bangkit dari Covid Zero, China Kembali Terbitkan Visa

News
14 March 2023 12:30

China Mempersiapkan Perayaan Hari Nasional ke-57 (Sumber: Bloomberg)
China Mempersiapkan Perayaan Hari Nasional ke-57 (Sumber: Bloomberg)

Peter Martin dan Jacob Gu - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah China akan kembali menerbitkan visa untuk turis dan pendatang dari luar negeri. Kebijakan tersebut menandai langkah signifikan negara dalam upayanya untuk meninggalkan pembatasan ketat Covid Zero.

Kedutaan besar China di Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa kebijakan yang diperbarui itu akan berlaku mulai Rabu (14/03/2023). Selain itu, wisatawan asing yang tiba dengan kapal pesiar di Shanghai dan Hong Kong akan dapat memasuki provinsi Guangdong tanpa visa.

Pembukaan kembali China untuk turis memberikan sinyal bahwa pemerintah telah mengakhiri kebijakan Covid Zero. Strategi yang diterapkan melalui lockdown ketat, tes massal, dan pembatasan aktivitas yang ketat telah membebani pertumbuhan ekonomi negara. Kebijakan itu pada Desember awal dicabut karena memantik gelombang protes di beberapa kota di China dan memburuknya kondisi ekonomi.

Pelaku perjalanan bisnis telah dapat mengajukan permohonan visa ke China sejak 8 Januari lalu. Kebijakan itu dibarengi dengan penghapusan syarat karantina.