Logo Bloomberg Technoz

Wabah Flu Meluas, Kota di China Kembali Terapkan Lockdown

News
09 March 2023 19:03

Suasana di Depan Klinik Perawatan Kesehatan di China (Sumber: Bloomberg)
Suasana di Depan Klinik Perawatan Kesehatan di China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Sebuah kota di China dikabarkan akan kembali menerapkan lockdown dan menutup sekolah dan bisnis seiring dengan meluasnya wabah flu. Tindakan tersebut memicu kekhawatiran warga terhadap perekonomian yang sempat lumpuh akibat penerapan kebijakan lockdown terkait covid-19.

Meluasnya wabah flu sesaat setelah pelonggaran Covid-19 di China membuat pemerintah kota Xi’an menyiapkan kembali pemberlakuan lockdown. Pejabat setempat juga akan menutup sekolah, tempat hiburan, dan bisnis jika penyebaran wabah mencapai tingkat akut.

Para warganet China menyatakan keresahannya terkait rencana tersebut yang dapat menandai kembalinya kebijakan Covid Zero, kebijakan pandemi yang membuat lesu ekonomi China yang telah berakhir pada Desember lalu.

Pada 2021, Xi'an yang memiliki populasi sekitar 13 juta orang memberlakukan penguncian wilayah untuk meredam wabah Covid selama sebulan. Sebagian besar penduduknya dilarang meninggalkan rumah. Dua rumah sakit ditutup setelah pembatasan virus corona yang ketat menyebabkan kematian pasien.