Logo Bloomberg Technoz

Freeport-McMoRan Tunjuk Kathleen Quirk Jadi CEO Baru

Sultan Ibnu Affan
07 February 2024 11:10

Kompleks tambang tembaga dan emas Grasberg milik Freeport McMoRan Inc. di provinsi Papua, Indonesia, Rabu (22/4/2025). (Dadang Tri/Bloomberg)
Kompleks tambang tembaga dan emas Grasberg milik Freeport McMoRan Inc. di provinsi Papua, Indonesia, Rabu (22/4/2025). (Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raksasa penambang Amerika Serikat (AS), Freeport-McMoRan Inc atau FCX, resmi menunjuk Kathleen k sebagai Chief Executive Officer (CEO)-nya pada Selasa (6/2/2024) waktu setempat.

Penunjukkan itu akan efektif dalam rapat umum pemegang saham tahunan perseroan yang diselenggarakan pada 11 Juni 2024.

"Nantinya, Quirk akan memegang tanggunjawab penuh dalam manajemen eksekutif bisnis perusahaan yang sebelumnya dijabat oleh Richard Adkerson," jelas perusahaan dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (7/2/2024).

Adapun jabatan Richard sendiri akan bergeser di Dewan Direksi sementara FCX. Sejak bergabung pada 1989, Quirk dinilai cocok meneruskan misi perusahaan dan juga telah paham dengan seluk-beluk bisnis perseroan dlam bidang pertambangan.

Dia sering terlibat dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi perusahaan, termasuk perpajakan, hubungan investor, pengembangan perusahaan, dan perbendaharaan sebelum diangkat menjadi Chief Financial Officer pada 2003.

Ketua dewan dan kepala eksekutif Freeport-McMoRan Inc, Richard Adkerson. (F. Carter Smith/Bloomberg)