Logo Bloomberg Technoz

Terbesar Dunia, Apa Kabar Proyek Katoda Tembaga Freeport & Amman?

Sultan Ibnu Affan
05 February 2024 15:30

Pekerja di smelter katoda tembaga./Bloomberg-Oliver Bunic
Pekerja di smelter katoda tembaga./Bloomberg-Oliver Bunic

Bloomberg Technoz, Jakarta – Jika tidak ada aral melintang, Indonesia bakal mengoperasikan pabrik katoda tembaga terbesar di dunia tahun ini, gabungan dari proyek smelter yang sedang dikebut PT Amman Mineral Industri dan PT Freeport Indonesia.

Per Januari 2024, Amman Mineral Industri – sebagai anak usaha PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) – melaporkan pembangunan smelter katoda tembaga dan pemurnian logam mulia atau precious metal refinery (PMR) miliknya sudah mencapai 76,1%.

Hasil tersebut didapatkan berdasarkan hasil verifikasi kemajuan kuartal akhir 2023 dari verifikator independen, yang menyatakan bahwa kemajuan pembangunan konstruksi smelter tembaga AMMN telah melampaui target rencana pembangunan sebesar 72,4% atau 105,1% dari target.

Adapun, kemajuan pembangunan konstruksi PMR telah mencapai 72,7% dari rencana pembangunan sebesar 72,1% atau mencapai 100,7% dari target periode tersebut.

Ilustrasi Amman Mineral (Dok Bloomberg)

"Capaian ini adalah wujud komitmen Amman sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia untuk selalu terlibat dalam pengembangan industri pertambangan nasional,” ujar VP Corporate Communication dan Investor Relations AMMN Kartika Octaviani dalam pernyataan resmi perusahaan, Senin (5/2/2024).