Logo Bloomberg Technoz

AS Serang Dua Kapal Drone Pembawa Bahan Peledak Houthi

News
06 February 2024 14:40

Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)
Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)

John Harney - Bloomberg News

Bloomberg, Pasukan Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan di Yaman terhadap dua kapal drone laut milik Houthi yang dapat digunakan untuk menyerang kapal-kapal komersial dan kapal-kapal Angkatan Laut. Demikian disampaikan Komando Pusat AS pada Senin malam.

Para pejabat AS bilang, Houthi telah mengirim kapal-kapal drone yang sarat dengan bahan peledak sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengganggu pelayaran di Laut Merah dan Teluk Aden.

"Pasukan AS mengidentifikasi USV peledak di daerah yang dikuasai Houthi di Yaman dan memutuskan bahwa mereka menghadirkan ancaman yang akan segera terjadi terhadap kapal-kapal Angkatan Laut AS dan kapal-kapal dagang di wilayah tersebut," kata Komando Pusat dalam sebuah unggahan di platform media sosial X. USV adalah singkatan dari kendaraan permukaan tanpa awak.

Selama akhir pekan, serangan udara AS dan Inggris menghantam puluhan target Houthi. Pentagon mengatakan bahwa 36 situs Houthi telah menjadi target--khususnya, fasilitas penyimpanan senjata, sistem rudal dan peluncur, sistem pertahanan udara, dan radar yang dikubur dalam-dalam oleh kelompok itu.