Logo Bloomberg Technoz

Daftar Korporasi China yang Kuasai Nikel di Sulawesi & Maluku

Sultan Ibnu Affan
06 February 2024 13:11

Bola-bola nikel./Bloomberg-Cole Burston
Bola-bola nikel./Bloomberg-Cole Burston

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indonesia, sebagai negara yang memiliki kekayaan sumber daya nikel yang melimpah, sudah sepatutnya menjadi lirikan negara-negara di dunia yang tertarik untuk mengeruknya, tidak terkecuali China.

Sejak melesatnya permintaan atas kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), produk baja nirkarat, dan produk teknologi; pamor komoditas mineral logam tersebut pun makin bertaji. Maklum, nikel merupakan bahan baku penting dalam pembuatan seluruh alat-alat tersebut.

Indonesia sendiri memiliki sumber cadangan nikel yang sangat melimpah. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, Indonesia memiliki sekitar 2 juta hektare (ha) lahan cadangan nikel.

Dari total tersebut, baru 800.000 lahan telah dimanfaatkan atau dieksplorasi, sedangkan sisanya 1,2 juta ha masih belum termanfaatkan.

"Total sumber daya nikel RI yang belum dieksplorasi saat ini mencapai 17,3 miliar ton bijih dan 174,2 juta ton logam," ujar Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Rita Susilawati dalam konferensi pers belum lama ini.