Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah China Janji Stabilkan Pasar usai Harga Saham Anjlok

News
05 February 2024 08:00

Ilustrasi pasar saham China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham China (Sumber: Bloomberg)

Felix Tam - Bloomberg News

Bloomberg, China berjanji menstabilkan pasar setelah harga saham anjlok ke level terendah dalam lima tahun dalam perdagangan yang kacau pada Jumat (2/2). Namun, para pembuat kebijakan tidak mengungkap rincian yang spesifik tentang bagaimana mereka berencana mengakhiri aksi jual yang telah menghapus lebih dari US$6 triliun tersebut.

Komisi Regulasi Sekuritas China pada Minggu (4/2) berjanji mencegah fluktuasi abnormal. Mereka mengatakan akan mengerahkan lebih banyak dana jangka menengah dan jangka panjang ke pasar, dan menindak aktivitas ilegal termasuk short-selling dan insider trading.

Pernyataan singkat tersebut dibuat menyusul anjloknya indeks acuan CSI 300 secara tiba-tiba sebesar 3,4% pada Jumat. Sejumlah investor dan individu mengungkap kekecewaan di media sosial hanya beberap hari sebelum perayaan Tahun Baru Imlek.

Meskipun pihak berwenang telah mengambil sedikit demi sedikit langkah untuk mendorong perekonomian dan pasar dalam beberapa bulan terakhir, mereka belum mengumumkan langkah besar untuk menghentikan aksi jual. Data ekonomi yang lemah, ketegangan geopolitik dengan AS, krisis properti yang memburuk, dan tindakan keras yang tidak jelas terhadap sektor keuangan telah membebani sentimen investor.

Indeks CSI 300 China. (Sumber: Bloomberg)