Logo Bloomberg Technoz

CSI 300 anjlok 6,3% di bulan Januari, yang merupakan rekor kerugian enam bulan berturut-turut. Saham sempat menguat menjelang akhir bulan setelah Bloomberg melaporkan pihak berwenang sedang berupaya memobilisasi sekitar 2 triliun yuan dana untuk stabilisasi. Namun semenjak itu, pasar kembali turun hingga mencapai level terendah sejak Januari 2019.

Surat kabar harian 21st Century Business Herald melaporkan pada akhir pekan, mengutip Liu Yuhui dari Chinese Academy of Social Sciences yang mengatakan pihak berwenang harus segera membentuk dana stabilisasi untuk meningkatkan kepercayaan pasar. 

Sebagai tanda betapa kesalnya beberapa investor, ribuan orang berbondong-bondong menuliskan komentar pada akun media sosial Keduataan AS di Beijing untuk melampiaskan rasa frustrasi terhadap perekonomian dan merosotnya harga saham.

Pada bagian komentar di postingan Weibo kedutaan terkait perlindungan jerapah pada Jumat malam, sekitar 53.000 pengguna menambahkan komentar pada Sabtu malam ditambah dengan 300.000 like. Pengguna internet China kerap kesulitan dalam menyampaikan keluhan terkait perekonomian atau kinerja pemerintah. Akun resmi lembaga atau media di China biasanya menonaktifkan fungsi komentar atau hanya memunculkan masukkan tertentu.

Tidak ada komentar yang ditampilkan di bawah posting Weibo CSRC pada hari Jumat tentang pertemuan Dewan Negara terkait peningkatan lingkungan bisnis.

(bbn)

No more pages