Logo Bloomberg Technoz

Korut Diam-Diam Pacu Ekspor Bulu Mata Palsu, Dilabel Buatan China

News
04 February 2024 13:45

Ilustrasi bulu mata palsu. (Envato/LightFieldStudios)
Ilustrasi bulu mata palsu. (Envato/LightFieldStudios)

Hooyeon Kim - Bloomberg  News

Bloomberg, Produk kecantikan Korea Utara seperti bulu mata palsu dan wig dijual di seluruh dunia dengan label Made in China. Praktik ini  ditengarai telah membantu pemulihan perekonomian negara tersebut.

Perusahaan-perusahaan yang berbasis di China mengimpor produk setengah jadi dari Korea Utara, menyelesaikan dan mengemasnya sebelum menjualnya ke pasar termasuk Barat, Jepang, dan Korea Selatan sebagai produk “buatan China,” lapor Reuters, mengutip wawancara dengan orang-orang dari industri bulu mata,pengacara perdagangan, dan pakar ekonomi Korea Utara. Proses ini membantu Korea Utara melewati sanksi perdagangan internasional.

Korut mengekspor sekitar 1.680 ton atau senilai US$167 juta bulu mata palsu, janggut  palsu, dan rambut palsu atau wig ke China pada tahun lalu, melonjak dari realisasi US$31,1 juta pada 2019 ketika harga lebih rendah.

Barang-barang tersebut menyumbang hampir 60% dari ekspor negara tersebut ke negara tetangganya, kata Reuters, mengutip data bea cukai China. Ekspor Korea Utara ke China meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2023.