Logo Bloomberg Technoz

Jaksa Agung Larang Jaksa dan Keluarga Pamer Harta

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 March 2023 18:54

Ilustrasi Kejaksaan Agung. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Kejaksaan Agung. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengancam akan memberikan sanksi berat kepada para jaksa dan keluarganya yang terbukti kerap pamer harta kekayaan dan kekuasaan. Dia juga mengingatkan para istri jaksa untuk bijaksana dalam menggunakan dan mengunggah informasi pribadi di media sosial.

"Saya tak akan segan mencopot jabatan suami saudara hanya karena pola hidup saudara yang suka pamer harta dan kekuasaan," kata Wakil Jaksa Agung, Sunarta saat membacakan arahan Jaksa Agung kepada anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) seperti dilansir lembaga tersebut, Sabtu (11/3/2023).
  
Ikatan Adhyaksa Dharmakarini sendiri adalah wadah organisasi yang berisi jaksa wanita dan para istri jaksa.

Kejaksaan mulai mengawasi gaya hidup anggota korps Adhyaksa usai mencuat kasus harta janggal pegawai Direktorat Pajak, Kementerian Keuangan. Kasus ini berawal dari perkelahian remaja antara anak Kepala Bagian Umum Kantor DJP Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo dengan anak pengurus GP Ansor.

Masyarakat kemudian menyoroti kebiasaan putra dan istri Rafael yang kerap menggunakan kendaraan dan barang mewah. Seluruh aset dan usaha keluarga tersebut juga mendadak viral di media sosial. Bak efek domino, netizen kemudian menyoroti gaya hidup mewah pegawai Kemenkeu lainnya. Bahkan, sejumlah istri pejabat di beberapa kementerian dan lembaga juga ikut menjadi pembicaraan.

Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

"Saya akan menindak tegas jika masih ada yang bergaya hidup mewah, bermewah-mewahan, dan pamer kekuasaan," kata Sunarta.