Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Ungkap Nasib Kilang Tuban Usai Di-PHP Rusia

Sultan Ibnu Affan
01 February 2024 15:10

Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft
Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) angkat suara perihal kelanjutan nasib proyek strategis nasional (PSN) Gras Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban yang berlokasi di Jawa Timur.

Dalam proyek itu, KPI, sebagai Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) pada awalnya direncanakan bakal bekerja sama dengan perusahaan asal Rusia, Rosneft Singapore Pte Ltd.

Namun, hingga kini Rosneft tidak kunjung memberi kepastian lantaran adanya sanksi dari negara-negara Barat imbas invasi Negeri Beruang Merah itu terhadap Ukraina sejak awal 2022; yang menyasar pada akses pendanaan, teknologi hingga jasa konstruksi kilang.

"Pertamina melalui anak usaha PT KPI, yaitu PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) saat ini masih bersama Rosneft untuk pelaksanaan proyek GRR Tuban," ujar Corporate Secretary PT KPI Hermansyah C Nasroen saat dikonfirmasi," Kamis (1/2/2024).

Logo Rosneft Oil Co PJSC./Bloomberg-Andrey Rudakov

Mengutip laman Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), proyek itu dirancang untuk produksi minyak hingga 300.000 barel/hari dan menelan nilai investasi Rp238,25 triliun, dengan Pertamina selaku penanggung jawab.