Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno Kecewa Belanda Setop Danai Pengungsi Palestina

Delia Arnindita Larasati
01 February 2024 13:20

Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyayangkan keputusan Belanda untuk menghentikan pemberian dana kepada badan pengungsi PBB untuk Palestina atau United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA). Hal tersebut disampaikan Retno saat bertemu dengan Menlu Belanda Hanke Bruins.

Dalam pertemuan tersebut, Retno menyampaikan kekhawatiran akan semakin memburuknya situasi di Gaza. Dia menyayangkan keputusan Belanda untuk menghentikan pendanaan kepada UNRWA, yang dapat berpengaruh kepara rakyat Palestina.

"Di tengah situasi kemanusiaan yang memburuk ini, sangat disayangkan bahwa beberapa negara donor, termasuk Belanda, melakukan suspense dukungan keuangannya terhadap UNRWA," ungkap Retno dalam rilis resmi yang diunggah di situs Kementerian Luar Negeri.

"Saya sampaikan pentingnya investigasi yang komprehensif, kredibel, dan transparan untuk segera dapat dilakukan sehingga semua tuduhan keterlibatan sejumlah personel UNRWA dalam serangan 7 Oktober akan lebih jelas," lanjutnya.

Sejauh ini, PBB mengatakan 12 orang telah terlibat dalam serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang. Menurut Sekretaris Jenderal Antonio Guterres pada Minggu (28/1), 9 staf PBB telah dipecat. Satu orang telah dipastikan tewas, dan identitas dua orang lain sedang diklarifikasi.