Logo Bloomberg Technoz

Mobil Fortuner hingga Innova Bermasalah, Bos Toyota Minta Maaf

Delia Arnindita Larasati
31 January 2024 11:00

Toyota. (Dok: Bloomberg)
Toyota. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Chairman Toyota Motor Corp Akio Toyoda meminta maaf atas serangkaian skandal yang melibatkan perusahaan-perusahaan yang berada di bawah afiliasinya. Dia berjanji meningkatkan kepatuhan di seluruh perusahaan yang menurutnya "salah dalam menentukan prioritas" seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

"Kami meminta maaf karena telah meresahkan dan mengkhawatirkan pelanggan dengan serangkaian skandal" yang terjadi pada anak perusahaan truk Hino Motors Ltd, unit mobil Daihatsu Motor Co, dan Toyota Industries Corp, demikian disampaikan Toyoda dalam sebuah jumpa pers di Nagoya seperti dikutip dari Kyodo News.

Dia mengatakan kecurangan data yang ditemukan di ketiga perusahaan tersebut merupakan masalah serius, dan telah mengkhianati kepercayaan para pelanggan.

Toyota Industries mengatakan pada Senin (29/1) bahwa mereka memalsukan data output torsi mesin diesel yang dibuat dan dipasok ke Toyota. Hal ini mengakibatkan penghentian sebagian pengirman mobil-mobilnya.

Akio Toyoda (Sumber: Kiyoshi Ota/Bloomberg

Daihatsu juga menghentikan semua pengiriman di dalam negeri dan luar negeri bulan lalu terkait isu uji keselamatan. Hino Motors mengaku pada Maret 2022 bahwa mereka telah menyerahkan data emisi dan kecurangan pada penghematan bahan bakar kepada otoritas transportasi.