Logo Bloomberg Technoz

Beda Klaim Toyota Jepang dan RI Soal Skandal Uji Mesin Fortuner

Dovana Hasiana
30 January 2024 11:15

Toyota Fortuner. (Akio Kon/Bloomberg)
Toyota Fortuner. (Akio Kon/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Terdapat pernyataan yang sedikit berbeda antara Toyota Motor Corporation (Toyota) pabrikan mobil yang berpusat di Jepang dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan basis produksi di Indonesia soal dugaan manipulasi sertifikasi mesin diesel terhadap mobil Fortuner buatan Indonesia.

Sebanyak 10 mobil Toyota yang berbasis mesin diesel diketahui melakukan penyimpangan terhadap peraturan sertifikasi terkait dengan emisi domestik yang tidak sesuai standar.

Berdasarkan keterangan resmi dari Toyota, dilansir Senin (29/1/2024), Fortuner produksi Mei 2020 yang diproduksi TMMIN Indonesia, Toyota Motor Thailand Co Ltd, dan Toyota Kirloskar Motor Private Ltd (India) merupakan 1 dari 10 mobil diesel Toyota yang bermasalah.

"Selama pengujian sertifikasi, kinerja keluaran horse power mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal, sehingga hasilnya tampak lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit. Sepuluh model kendaraan menggunakan mesin yang terkena dampak secara global, termasuk enam di Jepang," tulis keterangan resmi Toyota, dikutip Selasa (30/1/2024).

Namun, saat dimintai konfirmasi secara terpisah, TMMIN mengatakan isu ini tidak ada kaitannya dengan model-model kendaraan Toyota di Indonesia.