Logo Bloomberg Technoz

Proyeksi IMF soal Ekonomi Dunia, AS & China Mulai Pulih

News
30 January 2024 21:56

Ilustrasi ekonomi dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ekonomi dunia. (Dok: Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) meningkatkan perkiraannya untuk pertumbuhan global tahun ini karena ekspansi yang lebih baik dari yang diharapkan di AS dan stimulus fiskal di China. Namun, mereka juga memperingatkan risiko dari perang dan inflasi.

Menurut lembaga yang berbasis di Washington itu dalam World Economic Outlook triwulannya pada Selasa (30/1), perekonomian dunia akan tumbuh 3,1% tahun ini, naik dari 2,9% yang terlihat pada Oktober. IMF mempertahankan perkiraan pada 2025 tidak berubah, sebesar 3,2%

Kebijakan bank sentral yang lebih ketat untuk melawan inflasi dan pemotongan belanja publik di beberapa negara adalah salah satu alasan mengapa pertumbuhan diperkirakan lebih lambat dibandingkan dua dekade sebelum pandemi, ketika rata-rata mencapai 3,8%. Namun, mengingat besarnya guncangan harga akibat Covid-19 dan kenaikan suku bunga yang mengikutinya, IMF memperkirakan keadaan bisa jauh lebih buruk.

“Ekonomi global terus menunjukkan ketahanan yang luar biasa, dan kami sekarang berada dalam penurunan akhir menuju soft landing dengan inflasi menurun secara stabil dan pertumbuhan yang bertahan,” kata Kepala Ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas dalam sebuah briefing. “Tapi laju ekspansi tetap lamban, dan mungkin ada turbulensi ke depannya.”

Pemetaan perekonomian Global. (Sumber: Bloomberg)