Logo Bloomberg Technoz

Apa yang China Lakukan untuk Dorong Ekonomi dan Selamatkan Pasar?

News
30 January 2024 12:05

Masyarakat China. (Dok: Bloomberg)
Masyarakat China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Para pembuat kebijakan China telah meningkatkan upaya mereka dalam beberapa pekan terakhir untuk mendukung ekonomi dan pasar yang merosot, menggarisbawahi kekhawatiran tentang pemulihan yang terhambat oleh krisis properti, deflasi, dan lemahnya kepercayaan konsumen.

Langkah-langkah tersebut termasuk mengucurkan lebih banyak uang tunai jangka panjang untuk bank-bank, memperketat aturan-aturan tentang peminjaman saham untuk short selling, dan memperluas akses para pengembang untuk mendapatkan pinjaman. Namun, para investor mungkin perlu melihat lebih banyak lagi untuk memulihkan kepercayaan mereka pada pasar China.

Indeks CSI 300 turun sekitar 4% sejauh ini pada tahun 2024, diperdagangkan mendekati level terendah dalam lima tahun terakhir. Yuan telah bergabung dengan sebagian besar mata uang Asia lainnya tahun ini, sementara imbal hasil obligasi pemerintah turun ke level terendah dalam hampir 22 tahun pada Selasa di tengah spekulasi pelonggaran.

Bantuan ekstra untuk perekonomian mungkin diperlukan jika pemerintah ingin mengumumkan target ambisius untuk ekspansi tahun ini ketika badan legislatif nasional bersidang di Maret. Banyak provinsi di China yang menargetkan pertumbuhan produk domestik bruto sebesar 5% atau lebih tinggi di tahun 2024, dan para ekonom sudah memperkirakan target yang cukup ambisius.