Logo Bloomberg Technoz

LPS Tak Haramkan Bank Digital Beri Bunga Deposito Selangit

Mis Fransiska Dewi
30 January 2024 14:01

Ilustrasi Bank Digital (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bank Digital (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah bank digital berani memberikan suku bunga tinggi bagi nasabah. Bahkan cukup jauh di atas Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) yang ditetapkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

LPS menetapkan TBP periode Februari-April 2024 sebesar 4,25% untuk simpanan rupiah dan 2,25% untuk simpanan valas di bank umum. Sedangkan untuk BPR, TBP ditetapkan 6,75%.

Namun sejumlah bank digital memberi bunga deposito di atas itu. PT Bank Jago Tbk (ARTO) menjanjikan bunga deposito 5%. Sementara PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) memberikan bunga deposito hingga 6% untuk simpanan di atas Rp 1 miliar.  

Kemudian PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) bahkan berani mengiming-imingi bunga deposito sampai 9%. Lalu PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) menawarkan bunga deposito hingga 8%.

"Bank digital lebih agresif dari bank biasa, mereka sebagian besar bank baru sehingga agresif dalam ekspansi dan memberikan bunga simpanan yang lebih tinggi dibandingkan TBP," kata Purbaya Yudhi Sadewa, Kepala Dewan Komisioner LPS, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (30/1/2024).