Logo Bloomberg Technoz

Likuidasi Evergrande China Membebani Bursa Asia

News
30 January 2024 12:45

Bursa asia (Dok Bloomberg)
Bursa asia (Dok Bloomberg)

Divya Patil - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Asia jatuh karena sentimen investor melemah di tengah kekhawatiran mengenai sektor properti China, menyoroti perlunya para pembuat kebijakan untuk melakukan intervensi.

Bursa saham Hong Kong dan China daratan anjlok, membebani indeks MSCI Asia Pasifik yang lebih luas. Dampak dari perintah likuidasi China Evergrande Group, dengan saham-sahamnya yang masih disuspensi, mendorong indeks Bloomberg untuk para pengembang China turun hampir 4%. Di tempat lain, saham-saham sebagian besar datar di Jepang dan Korea Selatan.

"Dari sembilan pengembang properti swasta China dalam cakupan kami yang gagal membayar utang, hanya dua yang berhasil menyelesaikan restrukturisasi utang, yang menunjukkan bahwa sektor ini menghadapi risiko litigasi setelah Evergrande diperintahkan untuk dilikuidasi," Kristy Hung, analis Bloomberg Intelligence mengatakan dalam sebuah catatan.

Meningkatnya ekspektasi akan pelonggaran kebijakan di China mendorong imbal hasil obligasi pemerintah turun ke level terendah dalam hampir 22 tahun terakhir.

Pergerakan saham Evergrande. (Dok: Bloomberg)