Logo Bloomberg Technoz

BEI akan Evaluasi dan Susun Ulang Indeks LQ45 Tiap 3 Bulan

Mis Fransiska Dewi
29 January 2024 17:45

Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan terbuka untuk melakukan evaluasi dalam penyusunan konstituen LQ45 setiap tiga bulan sekali. Hal ini mengikuti perkembangan dan acuan dari indeks internasional seperti MSCI.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jeffrey Hendrik mengatakan, bursa sudah dua tahun tidak memperbarui prosedur dan manual penyaringan saham-saham yang berhak masuk indeks LQ45.

"Kami sangat terbuka kalau evaluasi mayor itu tidak dilakukan 6 bulan sekali, bisa kami lakukan lebih sering. MSCI sekarang [evaluasi] setiap tiga bulan sekali. Jadi kalau mengikuti perkembangan, best practice di market, kami sangat terbuka," ujar Jeffrey di gedung BEI, Senin (29/1/2024).  

Jeffrey menyebut, kajian dari evaluasi ini jika disepakati paling cepat diterapkan pada akhir kuartal I-2024 atau Maret 2024.

Seperti diketahui, BEI baru saja merombak daftar konstituen indeks LQ45 dengan memasukkan empat saham baru. Daftar baru indeks LQ45 ini akan mulai berlaku per 1 Februari hingga 31 Juli 2024.