Logo Bloomberg Technoz

BEI Pastikan Masuknya PTMP ke LQ45 Sudah Sesuai Aturan

Mis Fransiska Dewi
26 January 2024 15:00

Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan masuknya anggota atau konstituen baru saham PT Mitra Pack Tbk (PTMP) dalam  jajaran indeks LQ45 untuk periode 1 Februari 2024 hingga 30 April 2024 sudah sesuai aturan.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik menyatakan, dalam penetapan konstituen suatu indeks digunakan parameter kuantitatif dan kualitatif termasuk value, volume, frekuensi, rasio fundamental, dan parameter lain.

“Dari hal tersebut, saham-saham yang masuk dalam IDX30, LQ45, IDX80 dan indeks lainnya yang diumumkan oleh BEI sudah sesuai dengan prosedur yang ada,” kata Jeffrey, Jumat (26/1/2024)

Mengutip keterbukaan informasi BEI, tercatat ada pergantian empat emiten yang masuk dalam kriteria LQ45. Di antaranya, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA), PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL), PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO), dan PT Mitra Pack Tbk (PTMP).

Kedatangan empat emiten tersebut menggeser 4 emiten yang harus keluar. Keempatnya adalah PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), dan PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA).