Logo Bloomberg Technoz

27 Pembangkit PLN Akan Digasifikasi, Kapasitasnya 2.269 MW

Wike Dita Herlinda
25 January 2024 15:50

Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)
Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan gasifikasi terhadap 27 pembangkit listrik milik PT PLN (Persero) hingga 2026, dimulai dari Desember tahun ini.

"Program gasifikasi ini direncanakan menyasar 27 pembangkit listrik tenaga mesin gas [PLTMG] dengan kapasitas total sekitar 2.269 MW," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu, Kamis (25/1/2024).

Secara terperinci, total kapasitas tersebut terdiri atas 25 PLTMG eksisting yang telah beroperasi dengan total 999 MW, 1 PLTMG dalam tahap konstruksi dengan total 120 MW, dan 1 PLTMG Kluster Huadi dalam tahap perencanaan dengan total 1.150 MW.

Saat ini, kata Jisman melalui siaran pers kementeriannya, pemerintah masih berupaya menarik minat investor untuk terlibat dalam program gasifikasi pembangkit listrik PLN itu.

Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)

Jisman menjelaskan program gasifikasi ini dikelompokkan diantaranya menjadi Kluster Kalimantan, Kluster Sulawesi—Maluku—Huadi, Kluster Nusa Tenggara, Kluster Papua Utara dan Kluster Papua Selatan.