Logo Bloomberg Technoz

Sinyal dari BoJ Bikin Harga Obligasi Jepang Terkoreksi

News
24 January 2024 13:20

Kantor pusat Bank of Japan (BOJ). (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Kantor pusat Bank of Japan (BOJ). (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Masaki Kondo dan Yumi Teso - Bloomberg News

Bloomberg, Harga obligasi pemerintah Jepang terkoreksi karena investor merespons komentar dari bank sentral pada Selasa (23/1/2024) bernada hawkish. Membuat muncul ekspektasi dikalangan pelaku pasar akan ada kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun naik 10,5 basis poin menjadi 0,74%, tertinggi dalam lebih dari satu bulan terakhir. Gubernur Kazuo Ueda mengatakan kepastian pencapaian proyeksi harga Bank of Japan terus meningkat secara bertahap, setelah membiarkan kebijakan moneter tidak berubah dan memperkenalkan bahasa baru dalam laporan prospek kuartalan pada Selasa.

"Ketika Anda melihat lebih dalam pada rinciannya, jelas bahwa sikap hawkish telah meningkat dan telah ada kemajuan yang cukup besar dalam persiapan untuk mengakhiri kebijakan suku bunga negatif," kata Akio Kato, manajer senior divisi riset strategis dan investasi di Mitsubishi UFJ Asset Management Co di Tokyo. "Imbal hasil 10 tahun kemungkinan akan naik menjadi sekitar 1% pada awal Februari."

Japan's Bond Yield climbs with volatility. (Dok: Bloomberg)