Logo Bloomberg Technoz

Laut Merah Bergejolak, Perdagangan Global Terbesar Terganggu

News
24 January 2024 10:40

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Enda Curran, Jana Randow dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Dua bulan serangan rudal, pesawat tak berawak, dan pembajakan terhadap kapal-kapal sipil di Laut Merah telah menyebabkan gangguan perdagangan internasional terbesar dalam beberapa dekade terakhir, sehingga meningkatkan biaya bagi para pengirim barang hingga ke Asia dan Amerika Utara. Gangguan ini menyebar, memicu kekhawatiran akan dampak ekonomi yang lebih luas.

Serangan balasan yang berulang kali dilancarkan oleh AS dan sekutunya, serta operasi angkatan laut multinasional untuk berpatroli di perairan tersebut, tidak menghentikan serangan militan Houthi yang terjadi setelah dimulainya perang Israel-Hamas. Dengan para pelaut yang menuntut gaji dua kali lipat dan harga asuransi yang meroket, jalur pelayaran menghindari jalur air yang biasanya membawa 12% perdagangan laut dunia.

Menurut Flexport, lebih dari 500 kapal kontainer yang biasanya berlayar melalui Laut Merah ke dan dari Terusan Suez, membawa segala sesuatu mulai dari pakaian dan mainan hingga suku cadang mobil, kini menambah waktu dua minggu dalam rute mereka untuk melakukan perjalanan mengelilingi Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika. Menurut platform logistik digital tersebut, jumlah tersebut merupakan seperempat dari seluruh kapasitas pengiriman peti kemas di dunia.

"Kami belum pernah melihat biaya meningkat secepat ini sejak krisis terakhir dalam pandemi," kata Vincent Iacopella, pakar logistik di Alba Wheels Up. Banyak hambatan yang mendasari dalam rantai pasokan tetap ada, meskipun harga turun tahun lalu karena gangguan Covid-19 memudar, katanya. Biaya pengiriman kontainer dari China ke Laut Mediterania telah meningkat lebih dari empat kali lipat sejak akhir November, menurut Freightos, sebuah perusahaan pemesanan kargo.

Rute pelayaran di Laut Merah. (Dok: Bloomberg)