Logo Bloomberg Technoz

Oppenheimer Raih 13 Nominasi Oscar

News
24 January 2024 11:00

Aktor dan aktris film Oppenheimer menghadiri penayangan perdana di London pada 13 Juli. (Sumber: Bloomberg)
Aktor dan aktris film Oppenheimer menghadiri penayangan perdana di London pada 13 Juli. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Oppenheimer karya Christopher Nolan, sebuah film tentang penemu bom atom, meraih 13 nominasi Academy Award termasuk film terbaik dan sutradara terbaik, untuk memimpin persaingan Oscar tahun ini.

Academy of Motion Picture Arts & Sciences mengatakan pada Selasa, film Poor Things meraih nominasi terbanyak kedua dengan 11 nominasi. Killers of the Flower Moon mendapat 10, sementara Barbie mendapat delapan. Upacara Oscar akan diadakan pada 10 Maret di Los Angeles dan dipandu oleh Jimmy Kimmel dari ABC.

Film Nolan tentang J Robert Oppenheimer ini mendapat pujian kritis dan telah menghasilkan lebih dari US$950 juta di box office. Film produksi Universal Pictures ini akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik dengan film-film seperti Killers of the Flower Moon karya Martin Scorsese dari Apple Inc, Barbie dari Warner Bros, dan Poor Things dari divisi Searchlight milik Walt Disney Co.

Kemenangan film terbaik atau penyutradaraan untuk Nolan akan menjadi yang pertama dalam salah satu kategori tersebut setelah lima nominasi Oscar sebelumnya.

Barbie, yang diangkat dari boneka ikonik Mattel, gagal meraih nominasi meskipun meraih kesuksesan di box-office. Greta Gerwig diabaikan dalam kategori penyutradaraan dan bintang film ini, Margot Robbie, tidak masuk dalam kategori akting. Mereka dinominasikan dalam kategori yang sama di Golden Globe Awards awal bulan ini, tapi tidak menang.