Logo Bloomberg Technoz

213 Juta Pengguna Internet, Ekonomi Digital RI Capai US$ 77M

Rezha Hadyan
09 March 2023 12:12

Ilustrasi Pemesanan Makanan Online (Sumber: Gabby Jones/Bloomberg)
Ilustrasi Pemesanan Makanan Online (Sumber: Gabby Jones/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Jumlah pengguna internet di Indonesia per 2022 mencapai 212,9 juta atau 77% dari total jumlah penduduk. Direktur Jendral Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pengerapan menyampaikan capaian itu naik 10 juta pengguna dari tahun sebelumnya. 

Penggunaan jaringan internet tersebut mendorong peningkatan aktivitas belanja daring. Terlebih, rerata waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet mencapai 7 jam 45 menit per hari.

"Penyumbang terbesar [ekonomi] digital di perkotaan adalah transportasi dan e-commerce. Ekonomi digital [diproyeksikan] bertumbuh dari US$ 77 miliar (setara Rp 1.188,88 triliun) pada 2022, menjadi US$ 130 miliar (Rp 2007,2 triliun) pada 2025," kata Semmy ujarnya di sela acara bertajuk Executive Forum 2023: Digital dan Konsumsi jadi Andalan, Kamis (9/3/2023).

Semmy menambahkan, terdapat perubahan perilaku belanja daring di tengah masyarakat yang lebih mengutamakan ekosistem platform penyedia layanan yang jumlahnya mencapai 48% dari total yang berbelanja daring. Selain itu, masyarakan yang selama ini tidak punya akses terhadap bank bisa melakukan transaksi digital melalui QRIS. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan alasan Indonesia layak menjadi tujuan investor asing di sektor ekonomi digital, di tengah berbagai tantangan ekonomi baik secara internal maupun eksternal.