Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Uraikan Alasan RI Jadi Magnet Investasi Sektor Digital

Rezha Hadyan
09 March 2023 10:53

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjabarkan mengapa Indonesia layak menjadi tujuan investor asing di sektor ekonomi digital, di tengah berbagai tantangan ekonomi baik secara internal maupun eksternal.

“Sebagaimana kita ketahui, pada 2022 pertumbuhan ekonomi [mencapai] 5,3% year on year [yoy], dan konsumsi [yang menjadi] kontributor terbesar kinerja ekspor juga tumbuh dua digit,” ujarnya di sela acara bertajuk Executive Forum 2023: Digital dan Konsumsi jadi Andalan, Kamis (9/3/2023).

Alasan lain yang menjadikan Indonesia surga bagi investasi asing di sektor ekonomi digital adalah pertumbuhan manufaktur, industri teknologi dan informasi, kinerja perdagangan, serta transportasi yang relatif cerah. 

Sampai dengan Februari 2023, Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur Indonesia masih berada di level ekspansif 51,2, sedangkan neraca perdagangan juga masih mempertahankan surplus beruntun selama 33 bulan.

Rasio utang luar negeri terhadap produk domestik bruto (PDB) juga masih aman, dan indeks keyakinan konsumen (IKK) masih di atas 100.