Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Daftar Kecelakaan Smelter dan Tambang di Indonesia

Dovana Hasiana
21 January 2024 20:30

Cek Fakta Debat Cawapres Muhaimin (Bloomberg Technoz)
Cek Fakta Debat Cawapres Muhaimin (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cek Fakta dari tuduhan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar soal kecelakaan yang erat kaitannya dengan program hilirisasi dan tambang di Indonesia. Tidak hanya itu, kata dia, hilirisasi dan tambang di Indonesia juga menimbulkan permasalahan kerusakan lingkungan dan didominasi oleh tenaga asing. 

Sehingga, kata Muhaimin, hilirisasi dan tambang di Indonesia tidak sejalan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang kita, hilirisasi dilakukan ugal-ugalan, merusak lingkungan, ada kecelakaan, tenaga asing mendominasi. Di sisi lain, perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Muhaimin dalam debat cawapres ke-4, Minggu (21/1/2024).

Sebelumnya, sebuah perusahaan pertambangan Indonesia, Sulawesi Mining Investment, menutup tungku smelter peleburan nikel. Hal ini merupakan imbas pasca satu tungku berisi limbah panas meluap pada hari Jumat (19/1/2024). Insiden terjadi sekitar pukul 19:40 waktu setempat pada hari Jumat. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menangani terak atau limbah peleburan nikel, yang telah memanaskan kabel-kabel listrik di unit tersebut, menurut pernyataan resmi dari Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), pengelola kawasan, pada hari Sabtu. 

Insiden smelter meledak milik PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI. (Tangkapan Layar video/ Ist)

Daftar insiden kecelakaan kerja di smelter dari Center of Economic and Law Studies (CELIOS):