Logo Bloomberg Technoz

Sebentar Lagi WNI Bisa Belanja Pakai QRIS di Dubai, Korsel, China

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 January 2024 14:40

Warga melakukan pembayaran menggunakan QRIS saat berbelanja di Pasar Santa, Jakarta, Senin (3/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Warga melakukan pembayaran menggunakan QRIS saat berbelanja di Pasar Santa, Jakarta, Senin (3/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Warga Negara Indonesia (WNI) tak perlu lagi menukar uang jika berwisata di Uni Emirat Arab (UEA), Korea Selatan, dan China. Pasalnya, tak lama lagi WNI akan bisa berbelanja dan transaksi menggunakan QRIS di ketiga negara tersebut. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendrata menyampaikan perkembangan terbaru proses implementasi QRIS cross border atau QRIS antar negara. Menurut dia, implementasi penggunaan QRIS membutuhkan waktu dan prosedur lanjutan yang cukup panjang. 

“Jadi ada tahap-tahapnya, mudah-mudahan kami di 2024 ini bisa implementasi hal-hal tersebut. Pada Desember yang lalu kami baru dengan UAE, sudah memasuki tahapan persiapan,” ujarnya dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, Kamis, (18/1/2024).

Selain itu, Ia juga menyampaikan BI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Gubernur Bank Sentral Korea Selatan (Bank of Korea) Rhee Chang Yong, untuk implementasi QRIS cross border di negara tersebut. Filianingsih juga menyampaikan bahwa BI sudah melakukan pembicaraan dengan pemerintah China untuk persiapan implementasi QRIS cross border.

“Dengan Korea Selatan kami sudah ada pembicaraan, Pak Gubernur baru saja selesai bilateral meeting dengan Gubernur bank sentralnya, pihak korea sedang mendalami,” ujarnya.