Logo Bloomberg Technoz

Putin Bertemu Menlu Korut di Tengah Meningkatnya Transfer Senjata

News
17 January 2024 14:00

Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui (kiri) (Dok: Bloomberg)
Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui (kiri) (Dok: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Vladimir Putin bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui, dalam rangka memfasilitasi kunjungan Putin ke Pyongyang dan peluang transfer senjata untuk mendukung Rusia dalam perang melawan Ukraina.

Pertemuan ini terjadi saat Choe melakukan kunjungan ke Moskow dan juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Choe mengungkapkan apresiasinya terhadap dukungan Korea Utara dalam operasi militer di Ukraina, sayangnya tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan mengenai dukungan yang dimaksud.

Pertemuan ini berlangsung bersamaan dengan adanya laporan peningkatan transfer senjata dari Korea Utara ke Rusia. Korea Selatan dan Amerika Serikat menuduh Korea Utara telah menyediakan senjata kepada Rusia untuk digunakan dalam serangan terhadap Ukraina.

Namun, baik Korea Utara maupun Rusia telah membantah tuduhan ini. Bukti-bukti seperti citra satelit menunjukkan adanya pergerakan kapal di pelabuhan Najin, Korea Utara, yang berdekatan dengan perbatasan Rusia. Citra ini juga menunjukkan adanya pengiriman dan pemuatan barang, termasuk gerbong kereta api yang kemungkinan mengangkut senjata yang akan dikirim ke Rusia seperti yang disebutkan oleh Korea Selatan.