Logo Bloomberg Technoz

Pakar Ungkap Kerugian Usai Data Penumpang & Karyawan KAI Dibobol

Muhammad Fikri
17 January 2024 09:45

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Geng ransomware Stormous mengklaim telah membobol sistem PT KAI (Persero) dan mendapatkan sejumlah data penting. Pakar keamanan siber dari Communication & Information System Security Research Center (CISSReC) mengkalkulasi apa saja yang didapatkan peretas.

Stormous memang telah mempublikasikan sampel data yang berhasil mereka bobol pada laman darkweb. Stormous klaim memiliki 2,2 gigabyte (GB) data KAI dalam bentuk file terkompresi, bernama kai.rar. 

Ketua CISSReC Pratama Persadha menerangkan hasil dari investigasi yang dilakukan, diduga ada puluhan kredensial pelanggan dan karyawan berhasil didapatkan Stormous. Usai penggalian informasi lebih rinci, data didapat berasal dari kurang lebih 3.300 alamat url.

URL atau Uniform Resource Locator menjadi ‘pintu’ peretas yang merupakan rangkaian situs web yang tertera. URL berisikan nama folder, protokol bahasa ataupun bentuk lain, dan berada di bar bagian atas pencarian dalam sebuah teknologi mesin pencari.

“Menurut data yang berhasil kami gali, terdapat 82 kredensial karyawan PT KAI yang bocor serta hampir 22,5 ribu kredensial pelanggan dan 50 kredensial dari karyawan perusahaan lain yang bermitra dengan PT KAI, jelas Pratama dalam keterangan tertulis, dikutip, Rabu (17/1/2024).