Logo Bloomberg Technoz

Mengulas Hacker di Balik Kasus Peretasan ICBC

News
13 November 2023 09:30

Ilustrasi kejahatan siber berupa peretasan sistem. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kejahatan siber berupa peretasan sistem. (Dok: Bloomberg)

Jordan Robertson and Jamie Tarabay - Bloomberg News

Bloomberg, Kasus peretasan sistem bank terbesar dunia, Industrial & Commercial Bank of China (ICBC), menyisakan tanya siapa aktor dibalik tindak kejahatan ini. Mereka ternyata adalah geng bayaran yang biasa menyabotase sebuah sistem.

Pada bulan Januari, geng ini meretas Royal Mail Inggris dan menghentikan pengiriman surat internasional. Tak sampai satu bulan kemudian geng yang sama menyasar sebuah perusahaan fintech asal Inggris. Pelaku melumpuhkan seluruh perdagangan derivatif global.

Aktivitas peretasan mereka juga telah melumpuhkan pelabuhan terbesar di Jepang, serta mengacaukan bisnis sparepart dan distribusi perusahaan produsen pesawat terbang, Boeing Co.

Namun, tidak ada serangan siber terbaru  yang didalangi oleh LockBit — sebagai salah satu geng ransomware paling produktif sepanjang masa — yang mengguncang dunia keuangan lebih dari peretasan terhadap Industrial & Commercial Bank of China Ltd. Aktor peretas telah memblokir beberapa perdagangan pasar Treasury ICBC — bank dengan aset terbesar dunia — dari sistem kliring. Peretasan membuat para broker dan pedagang untuk mengalihkan transaksi.