Logo Bloomberg Technoz

SAP SE Juga Disebut Suap Pertamina Hingga Pemprov DKI Jakarta

Redaksi
17 January 2024 07:40

Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan perangkat lunak asal Jerman, SAP SE ternyata tak hanya melakukan penyuapan terhadap pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) seperti dilansir dokumen Departemen Kehakiman Amerika Serikat.

Hal ini tertuang dalam dokumen hasil investigasi Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat tentang dugaan penyuapan SAP SE di sejumlah negara yaitu Afrika Selatan, Azerbaijan, Afrika Besar (Malawi, Kenya, Tanzania, dan Ghana), serta Indonesia.

Pada poin ke-25, SEC AS menyebut SAP SE melakukan penjualan secara tidak langsung pada setiap negara melalui SAP lokal dan perantara yang menjadi rekanan. Mereka bekerja sama mendapatkan sejumlah proyek dengan menawarkan hingga melakukan penyuapan.

"Melakukan, menawarkan, atau mencoba melakukan pembayaran yang tidak patut kepada pejabat pemerintah di delapan badan usaha milik negara," tulis dokumen SEC AS tersebut. "Untuk mendapatkan atau mempertahankan kontrak dengan pelanggan-pelanggan tersebut."

Para pejabat penerima suap tersebut berada di Balai Penyedia dan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kominfo; KKP; Kementerian Sosial; PT Pertamina; Pemerintah Provinsi DKI Jakarta; PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta; PT Angkasa Pura I; dan PT Angkasa Pura II.