Logo Bloomberg Technoz

Menteri Trenggono Minta Itjen Cari SAP SE di Proyek KKP

Muhammad Fikri
16 January 2024 17:00

Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi SAP SE. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengklaim belum mengetahui keberadaan perusahaan perangkat lunak asal Jerman, SAP SE di proyek Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dia pun telah memerintahkan Inspektorat Jenderal KKP untuk menelusuri data dan dokumen terkait perusahaan tersebut.

"Saya minta Irjen untuk cek semua apa yang terjadi. Bahkan kalau perlu, pernah ada gak mereka [SAP SE] presentasi atau apa pun. Saya lagi minta Irjen untuk meneliti. Tunggu aja," kata Trenggono, Selasa (16/1/2024).

Dia pun mengutip dokumen pengadilan Amerika Serikat, SAP SE pernah melakukan dugaan penyuapan ke KKP dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2015 dan 2018. Pada periode tersebut, menteri yang menjabat adalah Susi Pudjiastuti.

"Belum tau. Pada saat itu siapa [pejabat yang berwenang]," ujar dia.

Hal ini disampaikan karena KKP hingga saat ini belum menemukan adanya data SAP SE di daftar proyek yang pernah digelar kementerian tersebut. Trenggono pun mengklaim tak pernah menemukan aplikasi atau pun software khusus di KPP yang mungkin saja saat tender dimenangkan SAP SE.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat kunjunga di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambangen, Bali. (Dok. kkkp.go.id)