Logo Bloomberg Technoz

Langkah Trump jadi Capres AS Terbuka, Menang Kaukus di Iowa

News
16 January 2024 13:00

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Stephanie Lai dan Nancy Cook - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meraih kemenangan dalam kaukus Iowa, menangkis tantangan dari dua pesaingnya, Ron DeSantis dan Nikki Haley. Kemenangan tersebut mengukuhkan statusnya sebagai kandidat terdepan dari Partai Republik dalam pemilu tersebut.

Media-media termasuk Associated Press, CNN, dan CBS News menyatakan Trump sebagai pemenang lebih cepat dari perkiraan, sekitar 30 menit setelah kaukus dibuka pukul 07.00 malam waktu setempat. Pengumuman tersebut dilakukan bahkan sebelum beberapa lokasi kaukus sempat memulai pemungutan suara. Hasil resmi penuh diperkirakan keluar pada Senin.

Associated Press mengatakan bahwa mereka dapat mengumumkan hasil dengan cepat berdasarkan data survei dari pemilih yang berencana untuk berpartisipasi dalam kaukus dan analisis hasil awal. Keduanya menunjukkan Trump memiliki keunggulan yang tidak terbendung atas pesaing-pesaingnya.

Trump mengincar kemenangan yang gemilang dalam kaukus ini untuk memperkuat langkahnya menuju kemungkinan persaingan ulang dalam pemilu presiden utama dengan Joe Biden. Belum jelas sejauh mana margin kemenangan Trump, dan bagaimana cuaca dingin yang ekstrem dapat memengaruhi partisipasi pemilih.