Logo Bloomberg Technoz

IKN Tanpa Kabel Berseliweran, Semua Ditanam Dalam Tunnel

Dovana Hasiana
15 January 2024 14:20

Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)
Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memanfaatkan jaringan infrastruktur terowongan bawah tanah dan jalanan (multi-utility tunnel/MUT), sehingga kabel-kabel tidak berseliweran, melainkan masuk ke dalam jalur di bawah tanah.

MUT merupakan infrastruktur yang di dalamnya terdapat utilitas, termasuk  fiber optik (FO), sehingga utilitas tersebut tidak berserakan dan mengganggu pemandangan.

“Utilitas di IKN semua melalui bahwa. Kalau di Jakarta, kota di Indonesia kelihatan [jalur infrastruktur utilitas] masih di atas. Polusi visual,” kata Tenaga Ahli Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Otorita Ibu Kota Nusantara, Bonie Erwanto di Jakarta, Senin (15/1/2024). Selain MUT juga terdapat infrastruktur pendukungan telekomunikasi dalam bentuk Smart Pole.

Bonie menambahkan bahwa pekerjaan MUT terus diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Nantinya MUT memiliki dua tipe, yakni tipe 1 dan tipe 2, yang memiliki ruang untuk masing-masing utilitas—termasuk khusus jaringan fiber optik. 

“MUT jadi hal kritikal untuk infrastruktur dasar,” ucap dia. “Selain MUT, kita mencanngkan akses bersama di level pool atau tiang pasif. [PT] Telkom kontribusi di sana. Smart Pool dijelaskan nanti.”