Logo Bloomberg Technoz

IKN Siap Beroperasi Agustus, Jaringan Telekomunikasi Dikebut

Dovana Hasiana
15 January 2024 13:40

Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)
Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menargetkan jaringan infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ini siap beroperasi pada Agustus tahun 2024.

Otorita IKN menerapkan strategi pengembangan infrastruktur telekomunikasi bersama atau shared infrastructure of telecommunication) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A IKN dengan dua pelaksana yaitu PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus).

Menurut Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim konsep penyediaan bersama ini bisa dibilang pertama di dunia, juga di Indonesia. Jaringan telekomunikasi masuk dalam tergabung dalam infrastruktur terowongan bawah tanah dan jalanan (multi-utility tunnel/MUT) yang sebelumnya telah dirancang.

“MUT jadi infrastruktur dasar, sebuah tunnel yang sekarang didesain, dibangun [Kementerian] PUPR [dengan] lebar 4,2 meter, tinggi 2,6 meter sehingga utilitas gak berserakan di bawah, tapi termasuk ke MUT, air, gas, listrik, termasuk telekomunikasi,” terang Silvia di Jakarta, Senin (15/1/2024).

Penyediaan infrastruktur telekomunikasi bersama, lanjut Silvia, juga mencakup menara Base Transceiver Station dan Fiber Optik (FO). Targetnya seluruh penyediaan oleh Telkom selesai pada 17 Juli 2024, sedangkan PLN Icon Plus pada 10 Juni 2024.