Logo Bloomberg Technoz

Gara-gara Ini, NASA Tunda Misi ke Bulan Dalam Waktu Lama

Muhammad Fikri
15 January 2024 07:20

NASA (Sumber: Bloomberg)
NASA (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) milik pemerintah Amerika Serikat (AS) mengumumkan batal menjalankan misi Artemis II dan Artemis III NASA ke bulan. 

Keputusan penundaan selama satu tahun dikarenakan terungkapnya beberapa rangkaian masalah dengan pesawat ruang angkasa pada masa pengujian.

Dilansir dari NewScientist, misi yang akan dijalankan oleh Artemis II merupakan misi untuk mengelilingi bulan oleh empat astronot yang sebelumnya direncanakan pada akhir tahun 2024 hingga September 2025. Sedangkan misi Artemis III ialah mendaratkan astronot di Bulan untuk pertama kalinya sejak tahun 1972 yang mulanya direncanakan pada tahun 2025 sampai tahun 2026.

Pada konferensi pers 9 Januari 2023, NASA menyampaikan bahwa keputusan ini dibuat untuk memastikan keselamatan para astronot dan memberikan waktu yang cukup melakukan pengujian seluruh komponen pesawat ruang angkasa.

"Saya ingin menekankan, bahwa keselamatan adalah prioritas nomor satu kamu, dan saat kami bersiap untuk mengirim tim kami pada misi ini, kami berkomitmen untuk meluncurkannya se-aman mungkin," ucap Administrator Asosiasi NASA Jim Free.