Logo Bloomberg Technoz

NASA Luncurkan Jet Supersonik, Pangkas Setengah Waktu Perjalanan

News
13 January 2024 18:30

Pesawat supersonik X-59 milik NASA di apron di Palmdale, California (Dok: Lockheed Martin Skunk Works)
Pesawat supersonik X-59 milik NASA di apron di Palmdale, California (Dok: Lockheed Martin Skunk Works)

Thomas Black - Bloomberg News

Bloomberg, Lockheed Martin Corp dan NASA baru saja meluncurkan pesawat supersonik yang dapat memangkas waktu penerbangan menjadi setengahnya. X-59, yang diluncurkan pada Jumat sore di Palmdale, California, dirancang untuk terbang lebih cepat dari kecepatan suara dengan kebisingan yang jauh lebih sedikit.

"Terobosan ini benar-benar mendefinisikan ulang kelayakan perjalanan supersonik komersial di atas daratan," kata Pam Melroy, wakil administrator NASA dan mantan komandan pesawat ulang-alik, dalam upacara pembukaan pesawat sepanjang hampir 100 kaki (30 meter) itu. "Pesawat ini membawa kita lebih dekat ke masa depan yang dapat kita pahami bersama: memangkas waktu penerbangan dari New York ke Los Angeles menjadi setengahnya."

Lockheed Martin memenangkan kontrak pada tahun 2018 senilai sekitar $250 juta untuk membuat pesawat demonstrator, yang memiliki ruang untuk satu pilot dan ditenagai oleh mesin F414 dari General Electric Co, untuk membantu mengatasi rintangan ini.

Pesawat ini dirancang untuk mencapai 1,5 kali kecepatan suara, sekaligus mengurangi dentuman sonik menjadi dentuman yang lemah dengan sayap berbentuk v dan kepala pesawat yang memanjang. Perusahaan ini awalnya berharap dapat menerbangkan X-59 pada tahun 2021. Menurut NASA, keseluruhan proyek, termasuk pengujian, akan menelan biaya sekitar $632 juta selama delapan tahun.