Logo Bloomberg Technoz

IHSG Berpotensi Bangkit usai Pernyataan Terbaru Pejabat The Fed

Muhammad Julian Fadli
09 January 2024 08:25

Papan Layar IHSG di Bursa Efek Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Papan Layar IHSG di Bursa Efek Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa 9 Januari 2024 berpotensi melaju di zona hijau dan menguat, bersamaan dengan respons pasar terkait pernyataan terbaru The Fed yang mengindikasikan ada potensi pemangkasan suku bunga acuan di 2024, seiring tingkat inflasi AS yang melandai serta sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai target The Fed di 2%.

Pada perdagangan kemarin, Senin (8/1/2024), IHSG melemah 67,04 poin atau setara dengan pelemahan 0,91% dan menutup perdagangan pada level 7.283,57.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Selasa 9 Januari 2024 (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi bangkit dari support-nya pada area level 7.270. Jika terus kuat berada di atas support tersebut, pergerakan IHSG akan rebound dengan target penguatan terdekat pada level 7.335–7.370, sebagai resistance potensial. Untuk resistance selanjutnya ada trendline menarik pada level 7.400 yang jadi target dalam time frame daily.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global dan regional. Pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) memberi dukungan penguatan optimisme pasar terkait peluang pivot suku bunga acuan Federal Funds Rate di 2024 ini.

Gubernur Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic menyatakan, inflasi AS sudah melandai melampaui perkiraan, dan kini sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai target The Fed di 2%.