Logo Bloomberg Technoz

Cadangan Devisa RI Tertinggi Sejak 2021, Masih Bisa Naik Lagi

Ruisa Khoiriyah
08 January 2024 14:10

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kenaikan cadangan devisa RI hingga ke rekor baru pada akhir 2023, menjadi bekal berharga yang dibutuhkan bagi Indonesia memasuki tahun yang diprediksi masih menyisakan ketidakpastian global dan membayangi kekuatan nilai tukar.

Meskipun optimisme lebih mendominasi bahwa serial penurunan bunga global akan dimulai pada tahun ini, akan tetapi belum ada yang sepenuhnya bisa memastikan gejolak eksternal sudah berakhir. Tersisanya ketidakpastian masih akan mengombang-ambingkan stabilitas nilai tukar rupiah sehingga keberadaan cadangan devisa yang memadai, sangat dibutuhkan.

Arus masuk modal asing yang cukup besar di awal tahun ditambah mulai normalnya kunjungan turis asing bisa mendukung berlanjutnya tren kenaikan posisi cadangan devisa bulan ini, di saat kinerja ekspor diperkirakan masih lesu.

Pada Desember 2023, posisi cadangan devisa Indonesia tercatat US$ 146,4 miliar, melompat naik US$ 8,29 miliar, kenaikan sebulan terbesar dalam lebih dari 10 tahun terakhir. Cadangan devisa RI terakhir mencatat kenaikan di atas US$ 8 miliar adalah pada April 2011 silam.

Kenaikan tajam cadangan devisa Desember mengantarkan posisi cadangan devisa ke level tertinggi sejak September 2021 atau lebih dari 2 tahun terakhir.