Logo Bloomberg Technoz

Warga Perlu Waspada Banjir, BNPB Bikin Hujan Buatan Hari Ini

Redaksi
08 January 2024 06:00

Ilustrasi hujan lebat di China. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi hujan lebat di China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Warga di wilayah Jabodetabek sebaiknya kembali waspada hujan lebat hingga banjir. Pasalnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan kembali melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca berupa hujan buatan di wilayah Jawa Bagian Barat pada Senin (8/1/2024). 

Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat, Kedeputian Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Riyanto mengatakan, hal ini sesuai hasil rapat koordinasi sebelumnya.

"Namun tidak menutup kemungkinan bahwa operasi modifikasi akan dilanjutkan jika ada rekomendasi lanjutan dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), dan lintas pemangku kepentingan lainnya," ujar Agus dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (8/1/2024).

Terkait pelaksanaan TMC di wilayah luar Jawa, Agus mengatakan nantinya akan ada evaluasi bersama antar lintas kementerian/lembaga. Sementara ini memang masih dilakukan di wilayah Pulau Jawa bagian barat. Sebab, hal itu merujuk dari rekomendasi BMKG bersama BRIN untuk pembagian wilayah pelaksanaannya.

“Tentunya kami akan terus evaluasi. Memang saat ini masih di sektor Jawa bagian barat sesuai rekomendasi dari BMKG dan BRIN. Nanti hasil evaluasi dan apabila ada rekomendasi terbaru, maka kita akan laksanakan sesuai keputusan bersama,”tutur Agus.