Logo Bloomberg Technoz

Profil 11 Panelis Debat Capres Ketiga: Ada Dua Ahli dari Unhan

Dinda Decembria
07 January 2024 11:30

Debat Capres Pertama di KPU. (Andrean Kristianto)
Debat Capres Pertama di KPU. (Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggelar debat calon presiden (Capres) ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024 hari ini, tepatnya pukul 19.00 WIB. Kali ini, ketiga Capres akan beradu gagasan membahas tema 'Pertahanan, Keamanan, Hubungan, Internasional, dan Geopolitik'.

Dalam daftar panelis, terdapat dua panelis dari Universitas Pertahanan (Unhan), satu peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan satu panelis dari lembaga CSIS.

Beberapa panelis lain berasal dari universitas negeri, yakni dua panelis berasal dari Universitas Indonesia (UI), satu panelis dari Universitas Gadjah Mada (UGM), satu panelis dari Universitas Padjadjaran, dan satu panelis dari Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Selanjutnya, terdapat pula panelis dari universitas swasta, yakni satu panelis dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), satu panelis dari Universitas Bina Nusantara (Binus), dan satu panelis dari Universitas Pertamina.

Pada debat ketiga ini, KPU menetapkan 11 orang ahli dari bidang Ilmu Hubungan Internasional, pertahanan dan keamanan, sesuai tema yang dibahas kali ini. Berikut daftar nama dan profil panelis dalam debat capres ketiga ini:

  1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D: Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia.
  2. Curie Maharani Savitri, Ph.D: Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Bina Nusantara
  3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D: Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia.
  4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D: Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani.
  5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D: Ahli Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada. 
  6. Dr. lan Montratama: Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina.
  7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D: Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional.
  8. Dr. Kusnanto Anggoro: Pakar Keamanan Universitas Pertahanan. 
  9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio: KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan.
  10. Philips J. Vermonte, Ph.D: Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS.
  11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han): Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran.