Logo Bloomberg Technoz

Gempa Jadi Rintangan Jepang Akhiri Suku Bunga Acuan Negatif

News
04 January 2024 17:40

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Masahiro Hidaka dan Yumi Teso - Bloomberg News

Bloomberg, Mata uang yen berada di bawah tekanan baru karena gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang pada Hari Tahun Baru mempersulit Bank of Japan (BOJ) untuk menghapuskan suku bunga negatif.

Morgan Stanley MUFG Securities Co mengubah perkiraannya untuk keputusan suku bunga BOJ bulan ini dan sekarang melihat BOJ tetap mempertahankan kebijakan saat ini, sebagian karena bank sentral harus menilai dampak buruk dari bencana Semenanjung Noto terhadap perekonomian. Langkah apa pun mungkin tidak akan terjadi paling cepat sampai April, menurut Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co.

Yen melemah menjadi 143,39 per dolar di Tokyo pada Kamis pagi, dari 141,04 pada akhir 2023 di perdagangan New York. Mata uang Jepang telah secara luas diperkirakan akan menguat pada tahun 2024 di tengah spekulasi Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga pada paruh pertama tahun ini, sementara pada saat yang sama normalisasi kebijakan moneter yang sangat mudah di Jepang akan mempersempit kesenjangan imbal hasil antara kedua negara.

Pergerakan Yen terhadap dolar AS usai terjadinya gempa di tahun baru (Dok: Bloomberg)

"Meskipun pasti ada beberapa investor asing yang telah mengantisipasi berakhirnya suku bunga negatif di Januari, dalam situasi seperti ini, BOJ hampir pasti tidak akan bergerak di bulan ini," ujar Daisuke Karakama, kepala ekonom pasar di Mizuho Bank Ltd. "Jika suku bunga negatif tidak dicabut pada bulan Januari, mengakhirinya pada paruh pertama tahun 2024 juga akan diragukan."