Logo Bloomberg Technoz

Penyebab Pesawat Japan Airlines Tabrakan dan Terbakar Terungkap

News
04 January 2024 12:00

Sebuah pesawat Airbus SE A350-900 Japan Airlines terbakar saat mendarat di Bandara Haneda di Tokyo, Jepang, Selasa (2/1/2023). (Kentaro Takahashi/Bloo
Sebuah pesawat Airbus SE A350-900 Japan Airlines terbakar saat mendarat di Bandara Haneda di Tokyo, Jepang, Selasa (2/1/2023). (Kentaro Takahashi/Bloo

Nicholas Takahashi, Danny Lee dan Siddharth Philip - Bloomberg News

Bloomberg, Transkrip insiden tabrakan yang terjadi di Bandara Haneda, Tokyo pada Selasa menunjukkan bahwa pesawat pejaga pantai Jepang tidak memiliki izin untuk lepas landas. Pesawat tersebut diminta berhenti di ujung landasan sebelum bertabrakan dengan pesawat penumpang Japan Airlines Co yang lebih besar.

Transkrip komunikasi yang terjadi tepat sebelum kecelakaan diumumkan oleh pejabat Jepang di Tokyo pada hari Rabu. Hal ini tampaknya bertentangan dengan kapten tim penjaga pantai, yang dilaporkan mengatakan bahwa dia telah "mendapatkan izin untuk lepas landas".

Menurut transkrip tersebut, De Havilland Canada Dash 8 menerima instruksi untuk berjalan ke titik tunggu C5 pada pukul 5:45 sore waktu setempat, delapan detik setelah menerima permintaan dari petugas pengawas lalu lintas udara.

Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)

"Taxi (pesawat berjalan di darat) ke titik tunggu C5 JA722A No. 1, Terima kasih," kru penerbangan merespons, menurut transkrip. Belum dikonfirmasi apakah kapten atau kopilotnya, yang meninggal dalam kecelakaan itu, yang berbicara dengan menara, kata pejabat pada konferensi pers.