Logo Bloomberg Technoz

Praktisi: Capres Aktif Main Tiktok Bentuk Pencitraan via Digital

Muhammad Fikri
04 January 2024 08:25

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Praktisi Media Sosial Enda Nasution menilai momentum bagi para pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) aktif masuk ke media sosial TikTok menjadi lumrah, sekaligus sebagai medium pencitraan.

“Punya dampak meningkatkan citra bahwa calon pasangan capres dan cawapresnya mengenal teknologi terbaru dan familiar dengan trend yang digemari oleh generasi Milenial dan generasi Z,” papar Enda di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Terlebih periode kampanye semakin mendekati akhir.  Masing-masing tim pemenangan capres-cawapres harus memaksimalkan seluruh kanal dan platform. “Terutama yang tidak terlalu membutuhkan banyak biaya yang salah satunya tentu media sosial dan khususnya Tik Tok,” jelas Enda.

“Dalam hal ini teknologi digital seringkali hadir sebagai medium pencitraan, paling mudah kita lihat bagaimana cita-cita masing-masing capres dan cawapres dibuat menggunakan AI (artificial intelligence).”

Meski demikian hal yang patut dicatat para paslon, penggunaan sosial media tidak selalu memiliki dampak meningkatkan jumlah pemilih ataupun elektabilitas. Hal yang bisa berefek adalah keterkenalan di digital atau buzzword dari para paslon.